Belajar motret: mulai dari mana?

Selamat datang!

Blog ini adalah catatan pribadi saya. Isinya pelajaran-pelajaran, pengalaman, dan mungkin sedikit curhat tentang perjalanan saya belajar fotografi. Jadi kalau berharap isinya foto bagus-bagus dan pelajaran-pelajaran berbobot, mungkin Anda akan sedikit kecewa :)

Jadi, bagaimana sih belajar motret itu menurut saya? Menurut saya, belajar motret intinya satu: belajar bagaimana membuat foto yang bagus dengan sengaja dan konsisten.

Saya melihat hal ini dari dua sisi: dari sisi fotonya, dan dari sisi fotografernya.

Dari sisi fotonya: dengan mempelajari apa yang membuat satu foto menjadi foto yang bagus, kita bisa melihat aspek apa yang bisa ditingkatkan sehingga foto-foto kita menjadi lebih bagus.

Dari sisi fotografernya: dengan mempelajari apa yang membuat fotografer menjadi fotografer yang ‘jago’, kita bisa meng-improve diri kita, sehingga akhirnya foto-foto kita juga akan jadi lebih bagus.

Selain itu, tentu saja pembahasan tentang gear (kamera, lensa, dsb) juga akan ada. There’s a geek inside each of us, right? ;)

Saya berusaha membuat blog ini seteratur mungkin, dengan kategori yang mewakili masing-masing topik di atas. Silakan jelajahi blog ini dengan mengunjungi tautan-tautan yang menarik bagi Anda, di sebelah kiri tulisan ini :)

Have fun!

NB: Bagaimana menurut Anda sendiri? Bagaimana Anda belajar fotografi? :)

Tinggalkan Balasan

