Pehobi Foto Tipe Apakah Anda?

Dari para pehobi foto (bukan termasuk yang profesional ya :D), saya melihat ada berbagai macam pehobi. Sebenarnya mungkin jenis-jenisnya tidak terlalu jelas juga batasannya, mungkin ada seseorang yang masuk lebih dari satu tipe, dan mungkin malah ada yang tidak masuk tipe yang saya “karang” di bawah ini.

Disclaimer

Saya membuat artikel ini sebagai hiburan saja (selain karena, jujur saja, sedang tidak ada ide untuk membuat artikel tentang fotografi beneran). Saya tidak memuji atau mengejek masing-masing tipe. Saya sendiri juga termasuk salah satu (atau lebih) dari tipe di bawah ini, soalnya. Kalau saya mengacu ke pehobi foto menggunakan kata “mereka”, bukan berarti saya tidak termasuk lho :)

Tidak ada hubungannya dengan topik, foto ini hanya biar tidak garing saja..

Gear Freak

Kata “freak” di sini digunakan bukan untuk menghina, lho. Istilah saja untuk mengacu ke ketertarikan atau fokus yang besar ke gear (peralatan) fotografi.

Pehobi tipe gear freak ini senang sekali menghantui situs-situs dan blog-blog review di internet. Mencari ulasan, perbandingan, hingga tempat/orang yang menjual peralatan foto yang dicita-citakan.

Gear Freak sendiri menurut pengamatan saya ada dua tipe juga:

Upgrader

Para upgrader ini hobi sekali mencari gear yang terbaik. Mereka selalu berusaha meningkatkan kualitas gear mereka. Lensa yang lebih tajam, kamera yang lebih bagus, dsb.

Collector

Berbeda dengan upgrader, collector lebih tertarik dengan variasi daripada kualitas. Ujung-ujungnya, sering terjadi mereka punya lebih dari satu kamera, dan tentunya lebih dari.. berapa ya.. pokoknya banyak! lensa.. Sering terjadi, karena hasrat koleksi yang tidak dapat dipuaskan dengan gear digital, mereka pun ikut melirik dan mengkoleksi gear-gear lawas: kamera analog dan lensa manual.

Alih-alih mencari lensa yang paling tajam, mereka lebih suka mencoba berbagai macam karakteristik lensa dan kamera.

Skill Freak

Berbeda dengan gear freak, skill freak lebih menekankan ke skill mereka sebagai fotografer. Kombinasi antara mempelajari teori tentang teknik-teknik, dan latihan dilapangan, rajin dilahap para skill freak ini.

Seringkali, mereka mempersulit diri sendiri demi “melatih” skill dan intuisi mereka. Sengaja menggunakan mode manual tanpa sebenarnya diperlukan, misalnya, atau mematikan fitur image stabilization di lensa demi berlatih memegang kamera dengan stabil.

Anda bisa mengandalkan para skill freak ini jika menginginkan foto yang difoto menggunakan berbagai macam teknik: motion blur, zoom blur, dsb.

Object Freak

Mungkin termasuk tipe yang paling langka ditemui, fotografer yang object freak ini mementingkan mencari obyek fotografi yang menarik. Bukan berarti mereka tidak pernah membeli gear atau melatih skill, namun mereka lebih tertarik mencari dan mendatangi tempat yang “subur” untuk mencari obyek foto. Atau mengikuti kegiatan “hunting bareng” yang diadakan oleh EO (event organizer). Atau malah menjadi EOnya :)

Tipe yang manakah Anda?

Seperti yang saya bilang di atas, seorang gear freak bisa jadi juga seorang skill freak (di saat tidak sedang ngiler melihat-lihat review gear dewa).. Seorang skill freak bisa menjadi seorang object freak ketika sedang ingin mempraktekkan ilmu terbarunya, dsb dsb..

Sekali lagi: tipe yang manapun Anda, ini bukanlah suatu kekurangan yang perlu diubah.. Namanya juga hobi, lakukanlah apapun yang membuat Anda enjoy, selama tidak merugikan siapapun :) Dan artikel ini toh juga bukan artikel serius-serius amat, cuma sekedar selentingan tentang pengamatan saya selama ini, hehehe.. Kalau memang ada hal serius yang bisa diambil dari artikel ini, paling tidak kita belajar memahami jika ada orang lain yang memandang fotografi dengan sudut pandang dan penekanan yang berbeda :)

Keep jepret! :)

One response to “Pehobi Foto Tipe Apakah Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s