Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli kamera

Bagi pemula, bidang fotografi bisa jadi sangat membingungkan. Bagaimana tidak, untuk memasuki bidang ini saja bisa membingungkan: membeli kamera. Kamera apa yang perlu dibeli?

Menurut saya, ada beberapa hal yang perlu dijawab sebelum memutuskan membeli kamera merk dan tipe apa.

Bukan hanya kamera yang (perlu) dibeli

Kamera lah yang merekam foto. Itu benar. Kamera juga bisa dianggap mempunyai peran yang besar dalam menentukan kualitas foto kita. Itu juga benar. Tapi, kamera bukan segalanya.

Selain kamera, masih ada lensa dan aksesoris lain. Artikel yang membahas kamera vs. lensa dan aksesoris lain bisa dibaca di sini (klik). Jika Anda belum membaca artikel yang barusan saya beri link nya, intinya sih satu: jika Anda punya budget berlebih, jangan habiskan semuanya untuk kamera. Cukup beli kamera yang “sedang” saja (kamera termurah atau kedua termurah di tiap merk, harusnya sudah cukup bagus); sisanya untuk beli lensa atau aksesoris, termasuk drybox, alat-alat pembersih, tas kamera, dsb.

Anda membeli sistem

Mirip dengan poin di atas, membeli kamera (dan aksesoris lain) pertama kali, hanyalah permulaan. Yah, belum tentu sih, tergantung Anda juga. Tapi biasanya, jika seseorang sudah terjun ke fotografi dan ternyata menyukainya, orang tersebut akan ingin membeli lensa atau aksesoris lain lagi.

Nah, lensa atau aksesoris yang tersedia, termasuk juga harganya, bisa tergantung pada pilihan kamera pertama Anda. Jika Anda membeli Canon, misalnya, pilihan lensa dan aksesorisnya mungkin akan berbeda (termasuk harganya) dibanding jika Anda membeli Sony. Itu kenapa saya katakan Anda membeli sistem.

Hal ini perlu dipertimbangkan juga. Jadi, jangan hanya mencari informasi tentang performa dan kualitas kamera yang Anda beli, tapi juga lensa dan aksesoris yang tersedia bagi merk/tipe kamera tersebut. Sayangnya, hal ini memang sulit dilakukan, karena seorang pemula tentunya masih bingung lensa/aksesoris apa yang kira-kira akan diperlukan. Saya memberikan beberapa saran dan pembahasan di artikel yang linknya sudah saya berikan tadi di atas.

Kamera apa yang digunakan orang di sekitar Anda?

Bukannya ikut-ikutan, tapi belajar akan lebih mudah jika Anda bisa bertanya, meniru, dan meminjam gear dari teman atau keluarga. Sebenarnya faktor ini tidak begitu penting. Kebanyakan kamera toh mempunyai fitur yang sama. Seorang pengguna Nikon tetap bisa bertanya kepada pengguna Sony, dan diskusinya akan tetap nyambung, walaupun mungkin cara melakukannya beda. Desain kamera bisa berbeda, tapi teknik dasar fotografi toh tetap sama :) (Tapi, hal ini tidak berlaku untuk hal-hal yang memang tergantung merk/tipe kamera, misalnya pinjam-meminjam gear, atau membahas picture style)

Kamera mana yang lebih ‘sreg’ bagi Anda?

Karena gear ini lah yang akan menemani Anda belajar fotografi, pilihlah gear yang paling membuat Anda merasa nyaman dan puas. Coba ke toko kamera yang membolehkan Anda memegang kameranya, pegang di tangan Anda, coba bidik dan operasikan kameranya (tanpa baterai sih biasanya, tapi tidak apa-apa, yang penting sudah mencoba handlingnya). Biasanya sih akan beda feelingnya; ada yang lebih ‘sreg’ daripada yang lainnya.

Semoga bukan yang harganya paling mahal, ya :D

 

Kamera mana yang perlu Anda pilih? Silakan pertimbangkan empat aspek di atas, menyeimbangkan antara pertimbangan rasional (1-3) dan emosional (4) :)

5 responses to “Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli kamera

    • Bagus kok. Tapi “bagus” itu kan macem2 kriteria nya.

      Canon 600D sensornya lebih besar (bedanya lumayan jauh), tapi juga ukurannya lebih besar, dan masih “butuh” beli lensa lagi. X20 lebih kecil, dan lensanya tergolong “cepat” (aperture f/2 – 2.8).

      Kalo X20 bakal lebih sering dibawa dan dipake motret.. Tapi hasil 600D lebih bagus. Tergantung kebutuhan :)

  1. Kebutuhannya sih yg simple, gak trll bongsor bodynya kl 600d kan pas kak pegangannya gak sebesar kakaknya 60d, saya suka yg bentuknya vintage dan ini hanya ada pd fuji film kl merk yg lain bentuknya ga ada yg seklasik fuji, dan bth yg kualitas pic nya ga trll bnyk noise. Budgetnya sekitar 5-6,5jt..
    kamra apa ini yg cocok kak? :D
    kalo mirrorless kemungkinan lbh bnyk noise drpd slr, jadi galau :D

    • Nah itu sudah tau plus minus masing2.. Saya sudah ga bisa bantu pilih lagi, semua preferensi kamu :)

      Nanti pas motret juga banyak banget hal yang harus dipilih, mulai dari hunting di mana, motret apa, dari angle mana, gimana komposisinya, segitiga exposure, dsb.. Jadi galau itu harus dibiasakan! (lho?) Hehehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s